Senin, 15 Desember 2014

(TUGAS AKHIRKU) Ringkasan Jurnal 5

Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap
Kinerja Karyawan

Penulis : MARSUDI

ABSTRAK

Sumber daya manusia memiliki faktor kendali yang dapat menentukan keberlangsungan sebuah perusahaan,tetapi hal ini juga di tunjang oleh kualitasnya juga. Salah satu hal yang dapat dijadikan parameter tentang kualitas kerja sumber daya manusia adalah tingkat prestasi kerja yang ada pada sumber daya manusia tersebut. Secara logika dapat dikatakan bahwa semakin tinggi prestasi kerja seorang karyawan maka dapat dikatakan bahwa semakin tinggi pula kualitas karyawan tersebut Prestasi kerja karyawan tidak akan timbul begitu saja, melainkan membutuhkan suatu pendekatan yang intensifHasil analisis menunjukkan melaksanakan pelatihan dan pendidikan yang sangat baik dengan skor tingkat 227,8. tingkat kinerja karyawan yang sangat baik dengan skor nilai 226. Hasil analisis regresi menunjukkan traiming dan asuhan berpengaruh terhadap kinerja karyawan dengan nilai koefisien regresi 0.911. Koefisien determinasi nilai 0.644, menunjukkan bahwa pengaruh pelatihan dan asuhan terhadap kinerja karyawan 64,4%. Saran yang diberikan adalah Universitas Muhammadiyah Malang harus menjaga dan meningkatkan kinerja karyawan..

PENDAHULUAN

Sebuah lembaga atau organisasi, baik bersifat profit maupun non­profit sangat bergantung pada aspek smber daya manusia.adapun sumber daya yang dibutuhkan adalah sumberdaya yang berkualitas .Salah satu hal yang dapat dijadikan parameter tentang kualitas kerja sumber daya manusia adalah tingkat prestasi kerja yang ada pada sumber daya manusia. Pada dasamya pendidikan dan pelatihan merupakan proses yang berlanjut dan bukan proses sesaat saja. Sementara secara umum tujuan pelaksanaan pendidikan dan pelatihan adalah memperbaiki efektifitas dan efisiensi kerja karyawan dalam melaksanakan dan mencapai sasaran programprogram kerja yang telah ditetapkan. Berbicara mengenai pendidikan dan pelatihan, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) telah melakukan upaya pendidikan dan pelatihan para karyawan baik indoor maupun outdoor. Pendidikan dan pelatihan karyawan tersebut dikelola oleh unit tersendiri yaitu Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM). Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program pelatihan tersebut maupun hasil atau pengaruhnya terhadap kinerja para karyawan, maka peneliti mengadakan penelitian dengan judul "Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Prestasi Karyawan Universitas Muhammadiyah Malang"


METODE

metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, metode wawancara, guesioner, dan dokumentasi.Wawancara dilakukan dengan responden dalam memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab langsung antara peneliti dengan responden. Quesioner yang akan disebarkan dalam penelitian ini seputar pertanyaan (angket) mengenai pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap prestasi kerja menurut kenyataan (fakta). Untuk jawaban A diberi skor 4, untuk jawaban B diberi skor 3, untuk jawaban C diberi skor 2, Untuk Jawaban D diberi skor 1.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Berdasarkan dari data yang di ambil dan dilakukan pengujian instrument, analisa rentang skala, variable latihan kerja (x), variable produktifitas kerja( y), Analisis Regresi Sederhana, Pengujian hipotesis Uji T (t-Test) dan Uji F(f-Hitung) menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja karyawan Universitas Muhammadiyah Malang.

SIMPULAN

Dari hasil analisis di atas dapat diambil beberapa kesimpulan bahwa pelaksanaan pendidikan dan pelatihan kerj karyawan di Universitas Muhammadiyah Malang dapat dinilai sangat baik. Hal ini terlihat dari skor rata-rata jawaban responden sebesar 227,8 yang masuk dalam skala penilaian sangat baik. Disamping itu, signifikannya pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja ditunjukkan nilai t hitung sebesar 10,836, lebih besar dari t tabel 2,000.

DAFTAR PUSTAKA

Alma, B., 2000. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Edisi IV. Bandung. Penerbit Alfabeta.
Engel, J.F., 2001. Perilaku Konsumen, Edisi IV. Jakarta.Penerbit Binarupa Aksara.
Swastha, B., 2001. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi II. Yogyakarta. Penerbit Liberty.
Tjiptono, F., 2001. Strategi Pemasaran, Edisi II. Jakarta.Penerbit Andi.

Zibarus, 1997. Usahawan. Jakarta. Penerbit BinarupaAksara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar