Pengaruh Pendidikan
dan Pelatihan Terhadap
Kinerja Karyawan
Penulis : MARSUDI
ABSTRAK
Sumber daya manusia memiliki faktor kendali yang dapat
menentukan keberlangsungan sebuah perusahaan,tetapi hal ini juga di tunjang
oleh kualitasnya juga. Salah satu hal yang dapat dijadikan parameter tentang
kualitas kerja sumber daya manusia adalah tingkat prestasi kerja yang ada pada
sumber daya manusia tersebut. Secara logika dapat dikatakan bahwa semakin
tinggi prestasi kerja seorang karyawan maka dapat dikatakan bahwa semakin
tinggi pula kualitas karyawan tersebut Prestasi kerja karyawan tidak akan
timbul begitu saja, melainkan membutuhkan suatu pendekatan yang intensifHasil
analisis menunjukkan melaksanakan pelatihan dan pendidikan yang sangat baik
dengan skor tingkat 227,8. tingkat kinerja karyawan yang sangat baik dengan
skor nilai 226. Hasil analisis regresi menunjukkan traiming dan asuhan
berpengaruh terhadap kinerja karyawan dengan nilai koefisien regresi 0.911.
Koefisien determinasi nilai 0.644, menunjukkan bahwa pengaruh pelatihan dan
asuhan terhadap kinerja karyawan 64,4%. Saran yang diberikan adalah Universitas
Muhammadiyah Malang harus menjaga dan meningkatkan kinerja karyawan..
PENDAHULUAN
Sebuah lembaga atau organisasi, baik bersifat profit maupun
nonprofit sangat bergantung pada aspek smber daya manusia.adapun sumber daya
yang dibutuhkan adalah sumberdaya yang berkualitas .Salah satu hal yang dapat
dijadikan parameter tentang kualitas kerja sumber daya manusia adalah tingkat
prestasi kerja yang ada pada sumber daya manusia. Pada dasamya pendidikan dan
pelatihan merupakan proses yang berlanjut dan bukan proses sesaat saja.
Sementara secara umum tujuan pelaksanaan pendidikan dan pelatihan adalah
memperbaiki efektifitas dan efisiensi kerja karyawan dalam melaksanakan dan
mencapai sasaran programprogram kerja yang telah ditetapkan. Berbicara mengenai
pendidikan dan pelatihan, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) telah melakukan
upaya pendidikan dan pelatihan para karyawan baik indoor maupun outdoor.
Pendidikan dan pelatihan karyawan tersebut dikelola oleh unit tersendiri yaitu
Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM). Untuk mengetahui bagaimana
pelaksanaan program pelatihan tersebut maupun hasil atau pengaruhnya terhadap
kinerja para karyawan, maka peneliti mengadakan penelitian dengan judul
"Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Prestasi Karyawan Universitas
Muhammadiyah Malang"
METODE
metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah, metode wawancara, guesioner, dan dokumentasi.Wawancara dilakukan dengan
responden dalam memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya
jawab langsung antara peneliti dengan responden. Quesioner yang akan disebarkan
dalam penelitian ini seputar pertanyaan (angket) mengenai pengaruh pendidikan
dan pelatihan terhadap prestasi kerja menurut kenyataan (fakta). Untuk jawaban
A diberi skor 4, untuk jawaban B diberi skor 3, untuk jawaban C diberi skor 2,
Untuk Jawaban D diberi skor 1.
HASIL DAN PEMBAHASAN
Berdasarkan dari data yang di ambil dan dilakukan pengujian
instrument, analisa rentang skala, variable latihan kerja (x), variable produktifitas
kerja( y), Analisis Regresi Sederhana, Pengujian hipotesis Uji T (t-Test) dan
Uji F(f-Hitung) menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan dan
pelatihan terhadap kinerja karyawan Universitas Muhammadiyah Malang.
SIMPULAN
Dari hasil analisis di atas dapat diambil beberapa
kesimpulan bahwa pelaksanaan pendidikan dan pelatihan kerj karyawan di
Universitas Muhammadiyah Malang dapat dinilai sangat baik. Hal ini terlihat
dari skor rata-rata jawaban responden sebesar 227,8 yang masuk dalam skala
penilaian sangat baik. Disamping itu, signifikannya pengaruh pendidikan dan
pelatihan terhadap kinerja ditunjukkan nilai t hitung sebesar 10,836, lebih
besar dari t tabel 2,000.
DAFTAR PUSTAKA
Alma, B., 2000. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa,
Edisi IV. Bandung. Penerbit Alfabeta.
Engel, J.F., 2001. Perilaku Konsumen, Edisi IV.
Jakarta.Penerbit Binarupa Aksara.
Swastha, B., 2001. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi II.
Yogyakarta. Penerbit Liberty.
Tjiptono, F., 2001. Strategi Pemasaran, Edisi II.
Jakarta.Penerbit Andi.
Zibarus, 1997. Usahawan. Jakarta. Penerbit BinarupaAksara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar